Rabu, 29 September 2010

Patah Hati Ada Obatnya!

Lemas, tidak bergairah, air mata menetes, mungkin kamu sedang patah hati. Yup, patah hati memang bikin semua serba gelap. Namun bagi yang selalu optimis menatap masa depan, patah hati adalah jembatan menjadi lebih dewasa.

Psikiater Margaret Stroebe dari Universitas Utrecht, Belanda, menjelaskan patah hati sebetulnya hanya berdampak secara psikologis. Untuk itu perlu beberapa kita supaya kondisi ini tidak berlarut-larut. Oh iya, sebetulnya patah hati itu ada dua penyebab. Pertama karena putus, kedua adalah ditolak.

Nah supaya pikiranmu tetap positive thinking, maka lakukan beberapa langkah seperti ini:

1. Jaga perasaan jangan sampai terlarut.
Mendengarkan lagu bertema patah hati mungkin kau anggap sangat tepat. Namun justru itu harus kau hindari. Suasana hatimu bakal melankolis. Nggak perlu nikmati lagu-lagu bikin patah semangat seperti ini, mendingan kamu cari lagu lain yang bikin semangat.

2. Hindari tanpa teman.
Memang menyendiri bisa sebagai perenungan mengapa ini bisa terjadi. Tetapi jangan terlalu sering sendirian. Kamu justru semakin terbayang dengannya.

3. Segera beraktifitas.
Lebih baik kontak teman-temanmu , bikin janji ketemuan. Ingat, kegiatan yang positif lho. Dijamin kamu akan semakin cepat melupakannya.

4. Perbanyak doa dan dekatkan diri pd sang Pencipta.
Anggap saja patah hati sebagai ujian. Dengan semakin rajin berdoa, kamu akan sadar bahwa masih ada hal lain yang lebih penting dibandingkan dengan berpacaran. Terlebih lagi jika usiamu masih sangat muda. Karena Dia kita ada, dan apapun yang kita lalui pasti ada rencana-Nya yang terindah. Olehnya jug kita bisa tetap kuat menghadapi hidup ini.

5. Nikmati tangismu, berbahagialah kalo kamu bisa nangis, nikmati saja.. rasakan setiap tetes air hangat yang keluar dari matamu dan mengalir di pipi. Just enjoy it…, dan sampai akhirnya kamu kelelahan dan tertidur lelap. Tapi tetap harus bangkit, jangan larang dirimu menangis, tapi sadari masih ada hari esok.. :)

6. Berbagi alias curhat, wanita itu seringnya merasa lega kalo bercerita, dia hanya perlu didengar, ga perlu solusi. Inilah gunanya sahabat, dia akan siap siaga untuk mendengar tangismu, ceritamu, dan ada untukmu.

7. Semangat untuk hidup. Berapa orang yang patah hati lalu bunuh diri?? kayaknya lumayan banyak. Selama menghadapai masalah, aku sering kali berpikir tentang kematian, tapi ga sampe pingin bunuh diri lohh.. soalnya kalo bundir dah tau deh entar tempatnya di mana :P Terkadang cuma pingin kalo lagi tidur pulas tiba-tiba Tuhan panggil, atau kecelakaan. Tapi aku ga kepikir kalo mati karena kecelakaan, Kenapa? karena kalo mati karena kecelakaan pasti mengerikan and jelek banget jenazahnya. Dasar narsis yahh, mati aja masih pingin terlihat cakep hehehhehe…. Jadi walaupun patah hati semangat hidup harus tetap dijaga. masa gara-gara patah hati hidup jadi kacau. :)

8. Jangan pungkiri perasaanmu. Kalo memang kamu masih sayang, jangan memaksakan hati untuk membencinya.Itu bakalan nyiksa diri sendiri. Nanti seiiringnya waktu semua akan pulih, kalo memang dia jodoh kita ada aja jalannya kembali, kalo enggak, mau jengking-jengking, nungging-nungging sampe maen akrobat juga ga bakal ketemu

9. Jangan salahkan siapa-siapa. Tidak perlu menyalahkan siapapun, mungkin kalo si pasangan yang nakal karena selingkuh, tak perlu disalahkan, bersyukur saja ketahuannya masih pacaran, masih bisa cari yang lain, coba kalo udah menikah, “Kau tahankanlah” kata orang medan. :) Atau karena orang tua ga merestui, orang tuapun ga perlu di salahkan. Apa yang terjadi dalam hidup ini semua misteri, kita tidak tahu kenapa harus kita lewati saat2 tidak enak ini, sampai nanti di depan baru deh nyadar “ohh ini tohh madsud Tuhan…”

10. Sadari sekelilingmu, terkadang karena sibuk dengan pacar, kita tidak menyadari sekeliling kita, mungkin keberadaan teman , sahabat, kluarga. Dengan hilangnya pacar, kita jadi bisa lebih dekat dengan teman , bisa punya waktu ngobrol-ngobrol dengan teman, atau menelpon teman yang sudah lama tidak dengar kabarnya.

11. Hindari melamun sendirian di kamar . Entar sedih mulu bokkk, jadinya meratapi nasib, mending telpon2 temen atau hang out kemana gitu…

12. Temukan kegiatan baru. Orang pacaran itu biasanya sering kemana-mana bareng, nah setelah putus bingung mau ngepain, makanya cari kegiatan baru, apa kursus masak kek, kursus bahasa mandarin, apa aja untuk mengisi waktu, dan pastinya kita bisa ketemu teman baru juga khan ^_^

13. Ingat.. ga mungkin semuanya gelap. Patah hati rasanya seperti dunia ini rubuh, dan gelap seketika.. eitsss masa sihh segitunya?? Percaya ga percaya untuk menghadapi ketidakenakkan ini Tuhan pasti sudah siapkan penghiburan. so guys.. there should be something that can make you happy… dan tiap orang pasti beda-beda.


So bagi yang mengalami patah hati, marilah bersama-sama dengan Indah mengamalkan tips di atas. ;)

Semua yg sdg patah hati, yang sdg brsedih, yg ksepian . SEMANGAT ! matahari yg cerah masi mnunggu d hr esok :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

enjoy it!